Pandangan Hidup Yang Harus Kita Ubah Tentang Orang Tua Kita

Pengalaman hidup akan membuat kita semakin dewasa, tentu akan semakin banyak pula hal yang dapat menyita perhatian kita. Pasangan, anak dan berbagai rencana hidup yang ingin dicapai tentang masa depan Anda. Terkadang kitapun lupa melewatkan waktu begitu saja, dan tanpa kita sadari orang tua kita bertambah usia.

Pandangan Hidup Yang Harus Kita Ubah Tentang Orang Tua Kita

Pernahkah terpikirkan oleh Anda bahwa orang tua terlalu cerewet, menyebalkan atau tidak bisa diikuti jalan pikirannya bahkan pemarah dan pelupa. Bahwasanya yang mereka rasakan adalah rasa kesedihan dan kesendirian karena tak lagi bisa seproduktif saat muda dulu. Inilah pandangan yang harus kita ubah tentang orang tua kita saat kita telah dewasa nanti:

Pengalaman Hidup
Mungkin pada saat ini pengalaman hidup orang tua kita tak lagi relevan bagi kita. Tetapi tidak ada salahnya mendengarkan cerita tentang masa lalu dan belajar tentang apa yang mereka alami. Pikirkanlah betapa dunia telah banyak berubah dalam waktu 10, 20, 30 bahkan 70 tahun yang lalu.

Kesendirian Hidup
Ada banyak cerita yang menggugah hati saat mendengarkan betapa orang tua kita merasa sendiri dan tidak ada yang menemani mereka saat melewati masa senja. Kenyataan lain yang menyedihkan adalah bahwa mereka telah ditinggalkan keluarganya dan dititipkan di panti Jompo, entah karena kesibukan atau rutinitas hidup kita yang supe sibuk. Inilah tanggung jawab kita sebagai anak untuk mengisi rasa kesepian mereka karena suatu hari nanti kita akan mengalaminya juga.

Kebijaksanaan Hidup
Terdengar klise memang, tapi tentunya semakin bertambah usia Anda akan bertambah pengalaman. Bagaimana kita memandang dunia ini tentu akan semakin berubah. Di sanalah kita dapat belajar dari orang tua kita. Tetapi bukan berarti mereka lebih tahu tentang segalanya, setidaknya mereka telah lebih dahulu mengalaminya.

Waktu Hidup
Kita tidak akan pernah tahu kapan kesempatan bertemu orang tua kita akan berakhir. Selagi masih ada kesempatan melihat mereka setiap pagi, habiskan waktu sebaik-baiknya bersama mereka. Cinta dan kasih sayang tak selalu dalam bentuk kata-kata dan materi semata. Akan tetapi kehadiran mereka adalah kesempatan yang takkan datang untuk ke dua kalinya.

Intinya adalah sebaik-baiknya hidup Anda, akan lebih baik apabila melihat orang tua yang melahirkan, mengasuh, menjaga dan membesarkan kita mendapatkan kebahagiaan sejati dari anak-anaknya. Maka dari itu pengalaman adalah guru dalam memperkaya jiwa dari kerasnya kehidupan. Semoga hal-hal di atas menginspirasi dan memotivasi Anda untuk selalu menghargai dan menghormati orang tua Anda. 

3 Responses to Pandangan Hidup Yang Harus Kita Ubah Tentang Orang Tua Kita

  1. bener banget ulasannya mas.patut kita renungkan bersama
    salam kenal

    ReplyDelete
  2. memang pengalaman hidup bisa mengajarkan banyak hal kalau kita mau belajar yamas

    ReplyDelete
  3. Terima kasih Sob sudah membaca artikelnya,,, bagi Kita yg masih memiliki orang tua tolong hargai dan sayangi mereka... beda bila tidak memiliki orang tua seperti sy sejak dulu... ^.^

    ReplyDelete