Tidur, Obat Alami Terbaik Untuk Pemulihan Fisik

Tidur, Obat Alami Terbaik Untuk Pemulihan Phisik dan Mental

Tidur adalah obat alami terbaik untuk pemulihan fisik dan mental. Karena dalam kondisi tidur nyenyak, adalah waktu terbaik terjadilah terapi secara alami dan otomatis bagi tubuh dan mental kita. Sebaliknya orang yang kurang tidur atau kualitas tidurnya tidak baik, maka secara bertahap tapi pasti ,akan mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan, seperti : sakit kepala, pusing, rasa sempoyongan, letih lesu dan secara kejiwaan dapat menjadi pemicu terjadinya stress dan emosional.

Mengenai hal ini, boleh dikatakan hampir setiap orang sudah pernah membaca atau mengetahuinya. Namun banyak yang tidak tahu kiat kiatnya, bagaimana agar kita dapat menjaga agar kualitas tidur kita stabil dan dapat tidur nyenyak,tanpa dibantu dengan obat obatan apapun.

Tidur nyenyak ,disamping memberikan kita kesehatan dan kebugaran , sekaligus menghambat terjadinya proses penuaan dini pada diri kitaLangkah langkah untuk dapat tidur nyenyak ,sesungguhnya tidak sulit, asalkan kita disiplin diri.
  • Aturlah jadwal tidur, maksudnya harus teratur sesaui jam yang di tentukan, misalnya hari ini tidur jam 8.00 malam, terus keesokan harinya jam 12.00 malam, sedangkan lusanya jam 9.00 malam. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab, kita tidak bisa menikmati tidur nyenyak. Jadi upayakan pada jam yang kira-kira sama.
  • Makan malam diatur, sebaiknya jangan terlalu malam dan jangan pula terlalu sore. Misalnya setiap jam 7.00 malam.
  • Kalau ada kegiatan aktivitas fisik, diatur jangan sampai terlalu dekat dengan jam tidur.
  • Hindarilah minum kopi ataupun minuman yang mengandung cafein pada malam hari, karena akan menjadi faktor penghalang anda bisa tidur nyenyak.
  • Hindarilah memikirkan masalah-masalah yang membutuhkan perhatian khusus ,karena tanpa sadar, akan terbawa dalam alam bawa sadar
  • Aturlah agar cahaya dikamar tidak menyilaukan, upayakan agar cahaya seminim mungkin.
  • Jauhkan Tv, radio dan benda-benda eletronik, yang menimbulkan segala macam bunyi bunyian dari kamar tidur.
  • Lakukanlah rilaksasi dengan cara tidur dengan santai. Kedua belah tangan direntangkan dengan lembut dikedua sisi tubuh.Upayakanlah serileks mungkin. 
  • Pejamkanlah mata dan berdoalah sesaat sebelum tertidur. Rilaksasi ini dinamakan juga :”sleeping meditation”. Sangat sederhana ,namun memberikan efek positif dan menunjang keberhasilan kita, mendapatkan tidur yang berkualitas.
Langkah langkah ini sangat sederhana, namun sudah dipraktekkan oleh ribuan orang dan memberikan hasil yang sangat memuaskan. Berbagai keluhan gangguan kesehatan yang selama bertahun tahun tak kunjung sembuh, walaupun sudah berobat kemana mana,seperti: insomnia.

Sakit kepala berkepanjangan. Bangun pagi sempoyongan, tensi darah yang tidak stabil.mudah stress dan cemas, sering gugup dan telapak tangan berkeringat, ternyata dengan tidur nyenyak secara bertahap semua gangguan kesehatan ini hilang seketika.