Kamu Harus Tahu 5 Kehebatan Playstation 4?

Kamu Harus Tahu 5 Kehebatan Playstation 4?

Playstation 4 - Konsol generasi terbaru PlayStation 4 (PS4) sudah launching lama di Indonesia. Di beberapa toko game di Indonesia, Sony ini dipasarkan dengan bandrol 5 / 7 jutaan dengan beberapa paket berbeda dan saat ini sudah diluncurkan lebih dari 30 judul video game.

PS4 merupakan konsol yang masih sangat muda, jadi wajar jika game eksklusif yang ada masih sangat sedikit. Yuk Review Beberapa Kehebatan Playstation 4 Berikut ini:

1. Desain hardware

Playstation 4 memiliki desain yang cukup ramping dan elegan. Perbedaan utama yang bisa dilihat adalah desain casing yang nampak seperti font yang diberi efek italic. Bentuk dari PS4 sendiri dapat dilihat pada gambar di bawah.
2. Controller

Sepintas lalu Dualshock 4 (sebutan untuk controller PS4) terlihat mirip seperti controller Playstation-playstation sebelumnya. Namun banyak sekali perubahan yang dilakukan Sony untuk controller yang satu ini.

Seperti yang bisa dilihat di atas, ada beberapa poin penting yang berbeda di Dualshock 4. Poin tersebut antara lain:

Share button

Dengan maraknya fitur multiplayer dan implementasi social media dalam game, Sony tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk semakin mengedepankan fitur sosial dari PS4. Bagaimana nantinya game-game dapat memaksimalkan fitur ini, kita hanya bisa menunggu.

Touchpad

Menurut saya ini adalah hal paling menarik dari Dualshock 4. Adanya touchpad betul-betul menambah variasi yang sangat luas tentang bagaimana gamer akan memainkan game mereka nantinya. Hal ini juga semakin memberi kesempatan developer untuk berkreasi dengan game mereka. Dengan touchpad ini Sony telah memberikan gamer kesempatan untuk bermain layaknya memainkan device dengan touch screen, tanpa harus menggosok-gosok layar TV tentunya.

Analog stick

Ada Perbedaan mencolok antara Stik PS4 dan Stik PS3. Satu hal yang terlihat sangat simpel, tapi saya yakin dapat mengubah banyak hal juga. Jika analog stick controller Playstation sebelumnya memiliki ujung seperti kubah, maka Dualshock 4 memberikan sedikit lekukan yang bisa mencegah jari gamer tergelincir saat sedang bermanuver dengan analog stick mereka.


Lainnya

Beberapa perubahan lain yang perlu diperhatikan antara lain adalah panjang grip untuk tangan yang lebih panjang dari sebelumnya. Selain itu lampu di bagian depan controller juga dapat berubah warna jika digunakan untuk bermain multiplayer atau jika karakter gamer terjebak dalam bahaya di dalam game.

Jack untuk earphone yang ditempatkan pada controller juga semakin memudahkan gamer untuk mendengarkan deruan musik pada game dengan lebih jelas dan personal. Ini merupakan inovasi yang kelihatannya sederhana tetapi sangat berguna.

Controller PS Move untuk PS3 dapat digunakan untuk PS4.
Setiap pembelian PS4 akan dilengkapi dengan headset mono yang dapat digunakan untuk berkomunikasi saat bermain multiplayer.

3. Remote Play

This is it! Menurut saya ini adalah fitur paling fenomenal untuk PS4. Jika Nintendo membanggakan kemampuan Wii U yang dapat dimainkan dimana saja dalam rumah dengan controller tabletnya itu, maka ini adalah jawaban Sony kepada Nintendo. PS4 dapat melakukan apa yang Wii U lakukan, hanya saja hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan….wait for it….. Playstation Vita! Yes, betul-betul strategi jenius dari Sony untuk menjual dua hardware milik mereka ini. Meskipun tanpa fitur ini menurut saya PS4 dan PS Vita sama-sama layak untuk dibeli, tapi fitur-fitur ini jelas meningkatkan nilai yang bisa gamer dapatkan dari dua hardware tersebut.

Dengan fitur ini, kamu dapat memainkan game PS4 kamu tanpa harus berada di depan TV. Sejauh ini yang diketahui adalah fitur ini dapat berjalan jika kedua hardware terhubung ke Wi-fi yang sama. So, kamu tidak perlu khawatir harus meninggalkan game kamu saat kamu perlu mampir ke toilet ya.

4. Spesifikasi


Jika berbicara masalah kemampuan hardware yang terlihat di Youtube, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa spesifikasi hardware yang dimiliki konsol tidak akan dapat mengalahkan teknologi yang ada di PC. Tapi di tahun-tahun awal PS4, kemampuan yang dimiliki konsol ini tidak jauh berbeda dengan kemampuan PC high-end. Perbandingannya bisa dilihat pada video Battlefield 4 di atas.

5. PlayStation Camera
Jika Xbox One memiliki periferal tambahan seperti Kinect, maka PS4 juga tidak mau kalah dengan PlayStation Camera. Tidak seperti Xbox One yang mewajibkan pembelinya untuk membeli Kinect, periferal tambahan di PS4 ini dijual secara terpisah. Kamera yang dibanderol dengan harga kurang lebih 1 juta rupiah ini bisa dibilang memiliki fitur yang mirip dengan Kinect walaupun masih kalah dengan Kinect yang sepertinya mendapatkan dukungan habis-habisan dari Microsoft.

Sejauh ini fitur yang bisa saya temukan dengan PlayStation Camera adalah fitur yang mengizinkan saya log in ke PSN hanya dengan menunjukkan wajah saya di depan TV saja, serta sebuah aplikasi Augmented Reality (AR) bernama The PlayRoom.


Melalui The PlayRoom kamu bisa bermain dengan robot-robot kecil dan lucu yang bisa kamu ajak interaksi. Robot-robot ini memiliki sifat layaknya minions dalam film Despicable Me. Meskipun menarik tapi sebenarnya fitur ini hanya seru untuk iseng-iseng saja. Kalau kamu mau melihat langsung aksinya, cek saja trailer dari Sony berikut.


Demikian review yang perlu diketahui tentang PS4. Itu hanya sedikit gambaran tentang istimewanya console Playstation 4 yang mungkin harus kamu beli.